Kamis, April 10, 2008

filosofi buah

Pernahkah anda memakan buah ???
hampir dipastikan jawabnya pernah. sahabat,pernahkah berfikir bahwa setiap hal yang kita hadapi,baik itu kejadian,teman atau apapun itu semua bermanfaat ??, pernahkah anda dimarahi,terkena musibah,dibenci orang lain,sakit,bahagia,stress ?? ,jika pernah bisakah sobat menyikapinya dengan sama,saat anda stress anda masih bisa tersenyum ,saat anda mengalami musibah anda masih bisa bersyukur, bahkan disaat banyak kesibukan anda masih bisa santai??...
namun yang menjadi pertanyaan apakah bisa kita semua melakukanya..
berdasar pengalaman yang telah saya lakukan,asalkan dalam hati kita berniat dengan sungguh insya-allah bisa. caranya adalah dengan melihat semua masalah itu dengan fikiran positif,
contoh kasus pertama :
saya mempunyai seorang teman katakanlah bernama "fulan"(bukan nama sebenarnya),si fulan itu menurut pandangan banyak orang dia sangat menyebalkan,karena dia sangat cerewet dan suka menceramahi orang lain,padahal dia sendiri yang seharusnya banyak diberi ceramah.
namun saya menyikapinya dengan positif ,lihat kebaikan dia dibalik kecerewetanya, ia cerewet karena ia memberikan perhatian kepada saya,juga kepada teman yang lain.dari hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa perhatian terhadap teman lain yang fulan berikan dapat kita tiru sebagai contoh,sedangkan sifat yang jelek tidak usah kita ambil.
sifat baik ibarat daging buah durian,sedang sifat buruknya seperti kulitnya,apabila kita hanya memegang kulitnya saja,apalagi memakanya sudah dapat dipastikan apa yang terjadi pada hati kita ,selalu berisi dengan kebencian,dongkol dan semua penyakit hati.
sobat berfikir jauh lah terhadap sikap teman kita yang menurut kita jelek, lihat lebih dalam bahwa banyak pelajaran yang dapat kita ambil darinya tanpa harus membencinya apalagi menjauhinya.
selalu akan ada hikmah dibalik setiap masalah,tinggal bagaimana kita menyikapinya
...............

1 komentar:

siti nurjanah mengatakan...

tapi, terkadang kita susah untuk menerima sebuah kepahitan hidup.
:(
saat kita mencoba memberi tahu teman ataupun sahabat bahwa kedondong itu asam, dagingnya keras, gak manis,,,

kalo dia-nya ngeyel?